Windows Tune-Up Part 2

Windows Tune-Up Part 2

Ditulis oleh Gus Adit pada 29 January 2010

Melanjutkan artikel Dunia Komputer sebelumnya yaitu Windows Tune Up Part 1, kali ini blog ini kembali membahas tentang Windows Tune Up yaitu bagian yang ke-2. Pada bagian yang pertama saya telah membahas bagaimana cara mempercepat komputer dengan cara mengoptimalkan kinerja hadisk. Sekarang saya akan membahas cara mengatasi komputer yang sedikit lambat dengan mengurangi beban komputer ketika start-up yaitu dengan mengurangi jumlah item yang ada pada start-up program.

Start-up program yang terlalu banyak dapat memperlambat komputer karena windows harus men-load semua program yang ada pada start-up. Sama seperti mobil. Mobil yang berjalan dengan beban yang banyak akan lebih lambat lajunya jika dibandingkan dengan mobil yang membawa beban sedikit. Oleh karena itu, kita mesti mengurangi beban windows agar berjalan lebih cepat.

Untuk itu pada artikel kali ini saya akan memberikan tips untuk mengurangi atau menyeleksi program start-up. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik Start »» Run. Ketik “msconfig” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Perintah ini berguna untuk membuka System Configuration Properties yang berguna untuk mengatur start-up program


  2. Pada jendela System Configuration Utilities, klik tab Start-Up. Di tab inilah, daftar program start-up disimpan oleh Windows.


  3. Sekarang Anda tinggal memilih program mana yang memang perlu di load oleh windows pada saat start-up.
  4. Untuk menonaktifkan sebuah program dari Start-up, Anda cukup menghilangkan tanda cek (rumbut) yang Anda di depannya.

Sekarang pertanyaannya, program yang mana bisa dihapus dari daftar start-up? Mungkin banyak dari Anda yang belum tahu atau paham program mana yang bisa dihilangkan dari daftar start-up tersebut. Sebagai gambaran saya berikan beberapa contoh program yang bisa Anda hapus dari daftar start-up tanpa mempengaruhi stabilitas windows. Program-program tersebut diantaranya:
Yahoo Messenger, Nero Check, AcroTray, Adobe Gamma Loader, Quick Time, Adobe Acrobat Speed Launcher, dan lain-lain. Namun, perlu Anda ingat jangan menghilangkan Anti Virus Anda ataupun progran yang berhubungan dengan system keamanan komputer dari daftar Start-up. Apabila ada masih ragu, silahkan bertanya melalui kotak komentar yang tersedia di bawah artikel. Bagi Anda yang tidak mempunyai blog, Anda bisa memilih profile Anonymous atau Name dan URL dengan memasukkan Nama pada input Name dan input URL bisa Anda kosongkan.

~ oleh Rudi Hermawan pada April 26, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: