Mempercepat Booting Windows 7


Tidak seperti Vista, Windows 7 lebih cepat peformanya. Meski begitu semakin lama menggunakan, semakin banyak program yang kita install akan membuat windows vista menjadi lambat.

Beberapa cara yang biasanya dilakukan supaya windows 7 menjadi lebih cepat.

  1. Klik start ketik msconfig.exe kemudian klik msconfig.exe yg berada diatas.


  2. Pindah ke Tab Boot kemudian pilih default OS yang ada di atas.
  3. Cek pilihan No GUI Boot dan masukkan angka 5-3. No GUI atau No Graphical User interface, berarti animasi Windows saat Booting tidak dijalankan, dengan begitu waktu yg dibutuhkan saat windows booting menjadi 5-7 detik lebih cepat.


Ketika kita memasukkan angka 3 detik dan komputer kita diinstall Dual Boot OS maka kita hanya memiliki waktu 3 detik untuk memilih OS yang ingin dijalankan.

Mendisable fitur Seach Indexing

Klik kanan pada ikon ‘Computer’ kemudian pilih ‘Manage’. Klik kanan ‘Service and Applications’ pada jendela ‘Computer Management’ klik ‘Services’. Kanan pada ‘Windows Search’ pilih ‘Properties’. Pada kolom ‘Startup type’ pilih ‘Disabled’. Klik Apply kemudian OK


Klik Start pilih ‘RUN’ ketik ‘msconfig’ enter untuk memunculkan jendela System Configuration Utility klik tab ‘StartUp’ pilih beberapa Entri yang tidak diperlukan. Hal ini sangat berpengaruh pada Windows 7 ketika kita menginstall banyak software, beberapa sevice dari software tersebut akan berjalan saat start up, service-service tersebut kebanyakan tidaklah diperlukan oleh user, jadi mengurangi service yang berjalan saat start up akan mempercepat booting start up windows 7

~ oleh Rudi Hermawan pada April 26, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: