Opera Mini

Sudah lama saya mendengar adanya browser Opera yang dikhususkan untuk lingkungan mobile, yakni Opera Mini. Saya biasanya memakai browser bawaan dari 3230 untuk berinternet dengan HP. Biasanya hanya mengecek email atau memantau komentar website. Saya agak malas browsing dengan HP karena susah dibaca, lagian saya sudah ada koneksi internet di kantor. Selain susah dibaca, seringkali ketika me-load halaman web, pulsa akan banyak tersedot mengingat banyak halaman web yang cukup besar ukurannya karena didisain untuk PC.
Beberapa waktu lalu Opera merilis Opera Mini versi 4.0. Saya iseng-iseng mencoba aplikasi ini. Wah, ternyata saya salah sangka. Opera mini 4.0 ini tampil dengan disain yang cantik. Font-font nya imut, meskipun ukurannya kecil namun masih relatif nyaman untuk dibaca. aplikasi ini mampu membuka halaman web dari yang HTML, WAP, sampai JavaScript. Hampir-hampir browser ini menyamai fungsionalitas browser PC. Tampilannya juga dapat diatur apakah dalam posisi potrait atau landscape.

Yang membuat terkejut lagi, ternyata ukuran byte yang di-load menggunakan Opera Mini ini sangat kecil, apalagi jika di-setting untuk tidak me-load gambar. Ukuran byte yang kecil ini dimungkinkan karena Opera Mini tidak membuka sebuah halaman web secara langsung tapi diolah melalui server Opera terlebih dahulu untuk mengurangi byte yang tidak perlu sehingga ukurannya menjadi kecil.

Sebagai contoh jika kita membuka situs detik.com, maka Opera Mini tidak langsung menuju situs tersebut, namun terkoneksi ke server Opera, kemudian server Opera ini-lah yang mengakses detik.com. Data yang diambil dari detik.com tidak langsung dikirim ke HP, tapi diolah terlebih dahulu sehingga ukurannya menjadi kecil baru dikirim ke HP. Hebatnya, server Opera ini mampu mengkonversi gambar juga sehingga gambar dapat dikompress sedemikian sampai berukuran mini.
Selain tampilannya yang nyaman (dibanding WAP browser lain), ukuran byte inilah yang membuat saya sangat puas.Pasalnya, dengan ukuran yang dioptimasi ini pulsa yang dibutuhkan untuk browsing sangat-sangat hemat. Browsing-browsing atau blogwalking dengan HP seharian hampir-pun pulsanya tidak terasa berkurang. Apalagi saya pake IM3 yang GPRS murah pisan euy.. (browsing seharian paling gak sampe 2000 perak. Saya gak tahu kalau pake operator lain). Kendalanya cuman batre yang cepat ngedrop, jempol atau tangan yang pegel, atau mata yang agak sepet
Selamat mencoba..

Download aplikasi ini bisa di operamini.com bisa juga di getjar.com

~ oleh Rudi Hermawan pada April 23, 2008.

Tinggalkan Balasan

 
